);

Lacureindonesia — Ada banyak alasan yang membuat kita tidak lekas pergi ke salon untuk memotong rambut. Bisa karena sibuk, jauh, barber kesayangan sedang tidak available, dan lain sebagainya. Terpikir gagasan untuk memotong rambut sendiri. Tapi, sudahkah Anda tahu cara terbaik untuk melakukannya?

 

1. Riset dan Cari Tahu tentang Cara Memotong Rambut Sendiri

Sebelum memutuskan untuk memotong rambut sendiri, pastikan Anda telah mengetahui cara memotong rambut dengan baik dan benar. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali potong rambut sendiri, sebaiknya pelajari terlebih dahulu gaya potong rambut yang tepat agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Anda akan lebih mudah mempelajari teknik memangkas rambut jika melihatnya secara langsung. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan keberadaan YouTube untuk mencari berbagai video tutorial potong rambut perempuan. Pilihlah video yang sesuai dengan gaya yang Anda inginkan, serta pelajari juga teknik dan alat-alat yang dibutuhkan.

 

2. Ketahui Bentuk Wajah dan Pilih Model yang Tepat

Setelah memahami teknik potong rambut yang tepat, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan model atau gaya rambut yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan penampilan maksimal, sebaiknya jangan sembarangan memilih model potongan rambut. Pilihlah hairstyle yang memang sesuai dengan jenis rambut dan bentuk wajahmu. Untuk pemilik wajah bulat misalnya, lebih baik menghindari gaya rambut belah tengah karena akan membuat wajah tampak semakin lebar. Begitupun dengan pemilik jenis rambut lurus, akan lebih baik memilih gaya rambut layer untuk memunculkan kesan lebih bervolume. Jadi, daripada menyesal di akhir nanti, pastikan dulu sedari awal Anda sudah mencari referensi gaya rambut yang paling sesuai dengan jenis rambut maupun bentuk wajahmu, ya.

 

3. Gunakan Gunting yang Tajam dan Bersih

Model rambut yang paling tepat sudah ditemukan, saatnya mulai menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Beberapa alat utama yang harus disiapkan misalnya gunting, ikat atau penjepit rambut, sisir, serta kain untuk menutupi bagian leher dan pakaian. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa gunting yang akan digunakan benar-benar tajam. Tak hanya membuat hasil potongan lebih rapi, penggunaan gunting tajam juga membuat ujung rambut dapat terpangkas sempurna sehingga tidak menimbulkan kerusakan. Selain itu, pastikan gunting tersebut juga bersih untuk menghindari kotoran menempel pada rambut.

 

4. Potong Rambut Sedikit Demi Sedikit

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang saat potong rambut sendiri adalah terburu-buru sehingga menghasilkan pangkasan yang kurang rapi. Itu sebabnya, cara paling baik untuk mendapatkan hasil memuaskan adalah selalu memotong rambut sedikit demi sedikit. Sebelum memotong, rapikan juga rambut menggunakan sisir dan perkirakan seberapa panjang bagian yang ingin Anda pangkas. Hindari memotong rambut dalam jumlah banyak sekaligus untuk menghindari risiko kesalahan atau hasil potongan yang terlalu pendek. Dengan begitu, Anda juga tak akan menyesal.

 

5. Gunakan Teknik Ponytail untuk Potong Rambut Bagian Belakang

Tantangan terbesar ketika memotong rambut sendiri adalah kesulitan melihat bagian belakang. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teknik ponytail dan mengarahkan seluruh rambut ke depan. Caranya, sisir rambut hingga rapi dan ikat hingga menyerupai ekor kuda. Selanjutnya, arahkan rambut yang sudah diikat tersebut ke depan dengan sedikit membungkukkan badan. Potong rambut secara sejajar dan lakukan dengan perlahan. Jangan lupa, lakukan teknik ponytail ini di depan cermin sehingga Anda lebih mudah memperkirakan panjang rambut yang ingin dipangkas.

Jadi, tidak sulit, bukan?