LacureIndonesia – Memiliki kulit sensitif memang bisa sangat merepotkan. Anda mungkin mengalami kesulitan mendapatkan kulit yang mulus merona, karena masalah-masalah kulit rajin bercokol di wajah Anda. Begitupun, setiap kali mencoba produk baru, sebentar-sebentar breakout. Adakah cara yang tepat untuk merawat kulit sensitif?

Kabar baiknya, meski tidak bisa sepenuhnya diobati Anda bisa menjaga kulit sensitif dan mencegah iritasi. Memang butuh sedikit usaha, tapi pada akhirnya kulit sensitif Anda tidak akan kalah cantik dengan kulit normal. Mau tahu caranya? Yuk, simak!

 

 

Tips Perawatan Wajah Kulit Sensitif #1: Gunakan Produk Berbahan Alami

 

Meski produk berbahan kimia bekerja lebih cepat, nyatanya produk-produk itu malah bisa meninggalkan iritasi ringan hingga berat pada kulit sensitif. Paling baiknya, pilihlah bahan alami yang kaya antioksidan untuk melindungi sekaligus meningkatkan perbaikan kulit. Bahan-bahan alami terbaik untuk kulit sensitif adalah lidah buaya, air mawar, thermal black pearl, madu, chamomile, minyak argan, dan teh hijau. Jadi, biasakan membaca baik-baik kemasan produk mulai sekarang!

 

 

Tips Perawatan Wajah Kulit Sensitif #2: Stay Hydrated!

 

Musuh terbesar kulit adalah ketika Ph kacau alias tidak memperoleh kelembapan yang cukup. Sebab itu, biasakan meminum air sesuai kebutuhan tubuh. Tanda-tanda Anda tidak minum cukup air adalah tubuh terasa kering, kulit kusam, bibir pun pecah-pecah. Selain itu, Anda juga mudah sekali lesu.

Dari luar, jangan lupa mengolesi tubuh dan wajah dengan pelembap kesayangan. Tapi ingat, pilih hanya yang berbahan alami, non-alkohol, dan sudah teruji cocok di kulit Anda. Psst, krim pelembap berbahan goji berry dan minyak biji anggur (grape seed) manjur sekali untuk merawat kulit sensitif, lho!

 

 

Tips Perawatan Wajah Kulit Sensitif #3: Jangan Lupakan Tabir Surya

 

Wanita Indonesia punya penangkal radikal bebas alami, karena gen kita sudah lama menyesuaikan dengan iklim tropis. Meski begitu, efek pemanasan global dan perubahan iklim membuat pancaran sinar UV semakin garang. Lalai memakai tabir surya bisa mengakibatkan iritasi, jerawat, black spots, keriput, dan masalah-masalah lain bagi kulit normal—apalagi untuk kulit sensitif! Jadi, jangan lupakan step yang ini tiap kali keluar rumah.

 

 

Tips Perawatan Wajah Kulit Sensitif #5: Hindari Produk dengan Bahan Keras

 

Hidup dengan kulit sensitif berarti Anda harus rajin dan teliti. Jika di balik kemasan produk tertera kata-kata zat pewangi, glycolic acid, alkohol, dan citrus, sebaiknya segera letakkan. Bahan-bahan itu terlalu keras untuk kulit Anda. Riset membuktikan, penggunaan jangka panjang pada kulit normal bahkan bisa membuat kulit kusam dan iritasi ringan. Apalagi bagi Anda yang memang berkulit sensitif.

 

 

Tips Perawatan Wajah Kulit Sensitif #6: Jangan Mencuci Muka dengan Air Terlalu Panas

 

Berlawanan dengan nasihat para beauty guru, mencuci muka dengan air bersuhu kelewat tinggi justru berbahaya bagi pemilik kulit sensitif. Pasalnya, ini bisa menggerus minyak alami kulit wajah Anda; menghasilkan kulit yang tidak lagi kenyal dan bersinar. Pada taraf jangka panjang, Anda bisa juga mengalami kulit yang mengelupas parah. Bagi pemilik kulit sensitif, air bersuhu netral saja cukup.

 

 

Tips Perawatan Wajah Kulit Sensitif #7: Gunakan Sesedikit Mungkin Produk

 

Satu aturan pasti bagi wanita pemilik kulit sensitif: makin simpel, makin baik. Secara mengejutkan, kulit kita punya kemampuan alami untuk membersihkan dan meremajakan diri. Efek ini semakin kuat pada para pemilik kulit sensitif. Bagi Anda pemilik kulit tipe ini, mencuci muka dua kali sehari, memakai pelembap dan tabir surya, dan sesekali masker dengan merk yang Anda percata sudah lebih dari cukup.

Lebih dari itu, bisa-bisa makin banyak zat yang tidak diinginkan menumpuk. Kulit Anda pun “kebingungan”, lalu memicu iritasi.

 

 

Tips Perawatan Wajah Kulit Sensitif #8: Dengarkan Apa Kata Dermatologist

 

Agar semakin yakin dan terjaga, tidak ada salahnya menjadwalkan kunjungan dengan dokter kulit. Ceritakan, dan biarkan para ahli mendiagnosis kulit Anda, lalu pahami. Mereka juga akan memberikan rangkaian produk dan rutinitas yang perlu Anda lakukan untuk meminimalisasi sensitivitas kulit.

Nah, bagaimana? Kulit sensitif bukan lagi momok, bukan? Tetaplah cantik bersama kami.