Lacureindonesia.com – Ada kalanya, pesta pernikahan harus makan waktu seharian. Atau jika tidak begitu, perjalanan menuju venue acara terhitung sangat jauh. Sementara, touch up ulang makeup akan memakan waktu. Pilihannya hanyalah mengaplikasikan  makeup pengantin glamor tahan lama. Bagaimana caranya?

Rupanya, mungkin-mungkin saja punya riasan yang glamor dan tahan lama. Kuncinya hanyalah telaten dan cukup mengenali muka sendiri sebelum memakai makeup. Penasaran? Simak paparan berikut.

Tips Makeup Pengantin Glamor Tahan Lama #1: Cuci Wajah Anda dengan Benar

Jika perlu, sebelum memakai riasan pengantin cucilah wajah dengan air matang. Ini karena partikel-partikel yang ada pada air mentah bisa jadi ikut menempel di wajah, lalu menyumbat pori-pori sehingga produksi minyak berlebih pun membuat wajah kelihatan kusam. 

Paling baiknya, lakukan double cleansing dengan pembersih kesayangan Anda sebelum mencuci muka. Ini juga agar wajah Anda terlihat segar secara natural. Jika acaranya siang hari, ada baiknya Anda menyiapkan es batu untuk mengompres seluruh wajah Anda agar pori-pori menyempit dan tekstur wajah pun menghalus. Sehingga, riasan akan semakin menempel dan awet.

 

Tips Makeup Pengantin Glamor Tahan Lama #2: Gunakan Pelembap yang Pas

Penting sekali memakai pelembap, agar pH kulit tetap terjaga. Tapi, jangan lupa sesuaikan dengan tipe kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit kering sebaiknya menggunakan pelembap bertekstur creamy yang awet menghidrasi wajah. Sebaliknya, pemilik kulit berminyak disarankan memakai pelembap bertipe lotion atau water based agar wajah tidak terasa berat. 

Yang manapun, jangan lupa untuk mendiamkan pelembap selama 3-10 menit sebelum mengaplikasikan alas bedak agar kelembapannya maksimal. 

 

Tips Makeup Pengantin Glamor Tahan Lama #3: Pakai Bedak Tabur, Jangan Two Way Cake

Two Way Cake memang solusi cepat untuk mendapatkan kulit flawless. Akan tetapi, untuk hiasan glamor yang tahan lama sebaiknya Anda sedikit bersabar dengan bedak tabur. Sebabnya, tekstur bedak tabur lebih bisa melapisi wajah secara merata. 

Mula-mula, oleskan alas bedak berwarna satu tingkat lebih terang dari warna kulit.  Gunakan pula concealer dengan light reflecting pigment yang akan membuat noda-noda di wajah Anda tertutupi. Lalu, gunakan bedak tabur berwarna setingkat lebih gelap untuk menonjolkan kontur wajah. Sedikit tips: kuas kecil akan membuat sapuan bedak Anda lebih luwes daripada saat memakai pad. 

 

Tips Makeup Pengantin Glamor Tahan Lama #4: Perhatikan Riasan Bibir

Untuk acara yang lama, pengaplikasian lipstick memerlukan kesabaran ekstra. Baik lipstick matte maupun glossy, trik yang paling banyak digunakan agar riasan bibir awet adalah dengan mengaplikasikan lipstick layer demi layer. Caranya, Anda pakai lipstick-nya tipis-tipis, lalu tepuk-tepuk dengan tisu. Ulangi beberapa kali hingga mencapai ketebalan yang pas. 

Cara lainnya adalah dengan melapisi bibir dengan alas bedak dan bedak tabur tipis sebelum lipstick. Trik ini terutama paling banyak dipilih jika Anda tidak berencana untuk makan berat selama acara. Tak lupa, gunakan juga lip liner agar lipstick tidak berlepotan dan garisnya pun tegas.  

 

Tips Makeup Pengantin Glamor Tahan Lama #5: Sesuaikan Riasan Mata 

Sentuhan riasan pada mata sangat penting jika Anda ingin tampil glamor. Meski begitu, pastikan agar tidak berkesan terlalu ramai dan `salah tempat`, khususnya jika Anda sudah mengaplikasikan perona pipi dan lipstik yang heboh. 

Tapi jika Anda sudah memutuskan untuk menonjolkan area mata, poleskan eye makeup primer sebagai base sebelum eyeshadow. Tujuannya agar kelopak mata Anda halus, eyeshadow pun lebih tahan lama. Pilihlah yang memiliki efek shimmer agar cocok dengan nuansa pesta. Supaya lebih awet, kombinasikan dua jenis eyeshadow, yakni krim dan bubuk. Terakhir, jangan lupa memilih mascara dan eyeliner tahan-air agar tidak berlepotan ketika Anda berkeringat. 

 

Tips Makeup Pengantin Glamor Tahan Lama #6: Persiapkan Baik-Baik, dan Jangan Mepet

Makeup yang awet dan cantik tidak bisa terjadi begitu saja. Persiapkan waktu berdandan Anda baik-baik. Jika Anda menggunakan jasa MUA, pastikan Anda sudah berkonsultasi dan membuat jadwal yang matang dan terencana agar tidak diburu waktu saat pengerjaan. 

Hari-hari sebelum pesta, ada baiknya Anda melakukan hal-hal yang membuat otot rileks seperti pijat spa, lulur, atau sekadar membaca buku dan mendekatkan diri dengan alam. Jangan eksfoliasi atau mencoba skincare baru, karena Anda merisikokan kulit iritasi karena tidak cocok. Rileks, dan nikmati prosesnya. Karena riasan cantik adalah milik wanita yang bahagia!