Lacureindonesia – Jika Anda melihat hasil karya para makeup artist, mungkin tebersit perasaan ingin diri Anda bisa mendandani diri seperti itu. Sebabnya, sapuan riasan mereka seperti bisa membuat wajah seseorang jadi berkali-kali lipat lebih menarik. Tapi jangan salah. Kemampuan seperti itu datang dari hasil latihan berkali-kali. Dengan tips makeup pemula yang tepat, Anda pun bisa seperti itu!

Seperti halnya semua seni lain, para makeup artist yang mumpuni pun dulunya adalah pemula. Nah, baik untuk mempercantik diri sehari-hari maupun untuk latihan menjadi profesional, kali ini akan kami hadirkan tips makeup pemula agar lebih mahir merias wajah. Apa saja? Yuk disimak.

Tips Makeup Pemula Merias Wajah #1: BB Cream atau Foundation?

Bagi pemula, BB cream adalah opsi yang lebih baik. Teksturnya yang cair dan mudah melebur dengan warna kulit wajah akan membuat kulit terlihat mulus seketika, dan tidak menimbulkan kesan cakey. BB Cream yang bagus juga bisa mengunci loose powder hingga tahan hampir seharian.

Tapi jika Anda masih ingin mencoba foundation, tidak masalah. Coba aplikasikan dengan warna yang tepat untuk kulit Anda, lalu baurkan dengan spons atau beauty blender. Luangkan sedikit dana untuk peralatan tersebut, karena aplikasi menggunakan tangan cenderung terlalu tebal dan tidak merata. Jika sudah mahir, baru cobalah kuas untuk sapuan yang lebih rapi dan terlihat profesional.

 

Tips Makeup Pemula Merias Wajah #2: Tepuk-Tepuk Spons Bedak, jangan Disapukan

Jangan lewatkan penggunaan bedak. Agar base awet, dan juga untuk meratakan tekstur kulit, bedak amat diperlukan. Pilihlah translucent powder jika kulit Anda kebetulan berminyak. Bedak two way cake sempurna jika Anda butuh sapuan flawless tanpa memakai foundation sebelumnya. Tapi untuk efek yang lebih rapi menutup pori-pori, gunakanlah loose powder. 

Salah satu kesalahan pemula yang paling umum dalam memakai bedak adalah menyapukannya tebal-tebal. Akibatnya, wajah jadi terlihat seperti topeng dan tidak natural. Cukup beri sedikit sekali bedak di spons, lalu tepuk-tepuk di kulit Anda pelan-pelan. Memang mungkin memakan sedikit waktu, tapi hasilnya sangat natural. Seolah tidak memakai makeup!

 

Tips Makeup Pemula Merias Wajah #3: Pilihlah Eyeliner Pensil atau Spidol

Eyeliner memang bisa membuat penampilan Anda tampak lively seketika. Banyak gaya sapuan eyeliner yang bisa disesuaikan dengan gaya Anda, mulai dari droopy sweet look hingga cat’s eye. Untuk belajar, Anda bisa memulai dengan eyeliner pensil atau spidol. Kedua varian itu mudah disapukan dan diratakan di kelopak mata Anda, dan juga tidak kalah awet. Jika sudah mahir, baru cobalah eyeliner liquid

 

Tips Makeup Pemula Merias Wajah #4: Belajarlah Menguasai Satu Warna Eyeshadow

Mau mencoba mencoba kelopak dua warna atau pelangi seperti para artis di Coachella? Nanti dulu. Untuk pemula, Anda harus bersabar menguasai cara memakai satu warna eyeshadow secara merata dan benar terlebih dahulu. Untuk kebutuhan sehari-hari, satu warna eyeshadow dengan shade kalem saja sudah cukup untuk mewarnai penampilan Anda, kok! Pilihlah warna seperti peach, jingga cerah, cokelat tanah, dan sejenisnya.

Tips Makeup Pemula Merias Wajah #5: Jangan Lupakan Alis

Ada idiom bahwa alis tak ubahnya bingkai wajah. Sebab itu, wanita cerdas selalu menyempatkan diri membentuk alis mereka sebelum pergi ke mana-mana. Sisir alis Anda hati-hati, lalu berikan arsir dengan pensil alis mengikuti bentuk dan arah tumbuhnya.

Tips Makeup Pemula Merias Wajah #6: Pilih Pewarna Bibir Model Stick dengan Warna Nude

Memulaskan pewarna bibir yang pas dengan wajah Anda bisa memberikan pembeda signifikan. Maka jika Anda sedang belajar makeup, jangan lupakan yang satu ini. Untuk menghindari kagok takut berlepotan, pilihlah warna nude yang cocok dengan kulit Anda. Pemilik undertone hijau boleh memilih warna hangat seperti oranye muda atau cokelat. Sedangkan bagi Anda yang memiliki undertone biru dingin, warna peach akan membuat Anda sangat menawan. 

Bagi pemula, lipstick model stick yang mirip bolpoin sangat mudah diaplikasikan. Anda bisa juga belajar memulaskannya dari dalam ke luar untuk menciptakan efek ombre yang sedang tren saat ini. 

Nah, Mudah. Tidak takut salah memakai makeup lagi meski pemula, bukan?