Lacureindonesia.com – Hobi renang sering dikaitkan dengan kulit rusak dan menghitam. Wajar, karena air di kolam renang ditengarai mengandung bahan kimia seperti kaporit yang tinggi. Paparan langsung dengan sinar matahari juga diduga mendukung kerusakan. Tapi tahukah Anda, ada tips kulit tetap sehat meski Anda hobi renang?

Ini penting diketahui karena bagaimanapun juga, berenang adalah hobi yang positif. Dengannya, Anda melatih fleksibilitas otot, jadi fit, melatih pernapasan, dan tentunya menyambut usia tua dengan kulit yang lebih kencang. Jadi agar Anda tetap bisa melakukan hobi Anda tanpa mengorbankan kecantikan kulit, simak tips berikut ini.

  1. Langsung Bilas dengan air bersih

Kandungan klorin yang terdapat di dalam air kolam renang sering kali dapat mengakibatkan iritasi kulit. Hal ini dikarenakan kulit manusia memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat termasuk zat kimia dari klorin. Jika terlalu lama terpapar zat kimia tersebut maka kulit bisa menimbulkan ruam kemerahan atau iritasi. Seperti yang tertera pada website standardmedia, membasuh tubuh menggunakan air bersih terlebih dahulu sebelum berenang dapat membantu mengurangi jumlah klorin yang diserap oleh kulit, sehingga dapat menurunkan tingkat risiko terjadinya iritasi kulit.

 

  1. Mengoleskan tabir surya sebelum berenang

Kulit yang menggelap menjadi salah satu masalah yang biasanya dialami setelah berenang. Tak jarang hal ini dibarengi dengan masalah sunburn atau kulit yang terbakar matahari. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mengaplikasikan tabir surya sebelum berenang. Memakai tabir surya sebelum berenang pun tidak boleh dilakukan asal, lho. Setelah diaplikasikan ke seluruh tubuh tunggu sekitar 15 menit untuk memaksimalkan perlindungan tabir surya pada kulit sebelum beraktivitas. Selain bisa membantu mencegah kulit terbakar, menggunakan tabir surya sebelum berenang diklaim dapat melapisi kulit untuk mengurangi penyerapan zat klorin.

 

  1. Langsung mandi setelah berenang

Setelah berenang jangan menunggu hingga badan menjadi kering, segera bersihkan diri dengan air bersih. Air kolam yang mengandung kaporit tidak baik bagi kulit, terlebih jika sudah terpapar matahari dalam jangka waktu lama. Karenanya Anda perlu segera mandi setelah berenang. Mandilah dengan air dingin dan sabun mandi, serta bersihkan tubuh hingga tidak ada sisa zat kimia yang menempel di kulit. Selain itu, Anda juga bisa menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan matahari sekaligus mencegahnya menjadi gelap dengan berendam di dalam air dingin selama 15 menit sebelum membersihkan kulit dengan sabun.

 

  1. Hidrasi kulit dengan pelembap dan perbanyak konsumsi air

Saat terlalu lama berendam di dalam air, kulit bisa lebih mudah untuk kering bahkan pecah-pecah. Untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah berenang, jangan lupa untuk segera mengaplikasikan body lotion dan pelembap wajah setelah mandi. Ssst, pemakaian pelembap ketika kondisi kulit masih lembap berfungsi untuk mengunci minyak alami kulit lho! Tak hanya itu untuk menjaga tubuh tidak kekurangan cairan sehabis berenang, pastikan Anda banyak mengonsumsi air putih dan hindari minuman berkafein.

 

  1. Eksfoliasi kulit

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan belang dan mengatasi kulit yang menggelap adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit. Gunakan produk eksfoliasi seperti, body scrub dan face peeling maksimal 3 kali seminggu untuk mengikis sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi gelap dan kusam. Dengan rutin melakukan eksfoliasi maka Anda bisa mendapatkan kembali warna alami kulit tubuh.

 

Nah, dari kelima tips di atas, mana saja langkah perawatan yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya?