Jika dulu di pasaran hanya ada BB Cream, kini ada juga CC Cream, dan DD Cream. Namanya memang mirip-mirip, tapi rupanya, ketiganya diformulasikan untuk kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Mana yang paling cocok untuk diri Anda? Daripada bingung-bingung, yuk simak paparan berikut!

 

Perbedaan BB Cream , CC Cream dan DD Cream

 

  1. BB Cream: Si Gabungan Pelembap, Alas Bedak, dan Tabir Surya Sekaligus

 

BB Cream masih menempati popularitas pertama sebagai yang paling multiguna. Dalam sekali usap, Anda sudah mendapatkan pelembap, alas bedak, dan juga tabir surya sekaligus. Sebab itulah, BB Cream biasa hadir dengan berbagai shade warna; umumnya natural/tropical dan kuning langsat. Terutama di Indonesia, yang penduduknya memiliki ragam warna kulit berbeda-beda.

Kandungan BB Cream cukup untuk menghidrasi kulit Anda, sehingga cocok bagi pemilik normal hingga kering. Sebab itulah, BB yang sebenarnya singkatan Blemish Balm Cream ini juga dikenal dengan nama Blemish Balm. BB cream paling cocok untuk menutupi bekas jerawat atau darkspots yang membuat kulit Anda terlihat bebercak-bercak.

Selain itu, BB Cream juga hadir dengan varian SPF minimal 15, membuatnya cocok digunakan di wilayah Indonesia yang terkenal dengan sinar mataharinya yang garang.

 

  1. CC Cream: Paling Sempurna untuk Mengoreksi Warna Kulit Wajah

 

Sesuai namanya, CC Cream hanya punya satu fungsi, yakni color correcting. Para pemilik kulit dengan hyperpigmentation akut, iritasi kemerahan, atau darkspots bekas komedo membandel akan sangat cocok menggunakan CC Cream. Selain itu, kandungan niacinamide-nya juga bisa membantu meratakan warna kulit.

Beberapa merk juga menyertakan anti-aging pada CC cream, membuatnya sempurna bagi Anda yang sudah berusia dua puluh tahun ke atas. Para pemilik kulit kusam juga lebih menyukai CC Cream karena bisa memberikan efek halus bercahaya dalam satu kali usap. Jika BB Cream adalah kesayangan wanita yang gemar mengenakan makeup matte ala Eropa, CC Cream akan cocok bagi yang senang mencoba makeup gaya oriental dengan trademark semi-naturalnya!

Anda bisa juga menggunakannya setelah pelembap, sebelum BB Cream untuk acara-acara yang membutuhkan makeup berat sebagai tambahan lapisan agar riasan semakin awet. Caranya, tepuk-tepuk pelan dengan jari ke area yang diinginkan secara merata.

 

  1. DD Cream: Penyedia Daily Defense untuk Segala Kesempatan

 

Biarpun belum populer di Indonesia, DD Cream sudah menjadi kesayangan banyak beauty guru di dunia karena manfaatnya yang berlapis-lapis. Sederhananya, DD Cream alias Daily Defense Cream ini adalah gabungan dari beberapa produk riasan sekaligus.

Dalam sebotol DD Cream, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat pelembap, color corrector, primer, foundation, penyamar noda hitam, anti-aging, dan pelindung dari sinar matahari. Maka dari itu, DD Cream bisa digunakan selain untuk wajah. Jika Anda membutuhkan pelindung sekaligus pencerah instan untuk wajah, leher, kaki dan tangan Anda, DD Cream sangat bisa dijadikan pilihan.

Tekstur DD Cream lumayan kental, sedikit lebih kental dibanding BB Cream. Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung menggunakan tangan, kuas, atau beauty blender untuk hasil yang lebih merata.

 

Nah, sudah paham bedanya?

Dari tiga varian tersebut, tidak ada yang lebih baik dibanding yang lainnya. Semuanya kembali ke kebutuhan Anda. Meskipun begitu, konsensus umumnya adalah CC Cream lebih direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak-sensitif, karena kandungannya yang tidak terlalu kaya dan bahan aktifnya pun tidak sekompleks yang lain. Jadi, jangan salah pilih lagi ya.