LacureIndonesia – Para ahli menyarankan untuk berhenti menggunakan makeup, setidaknya sehari penuh dalam seminggu. Saran ini mungkin terasa berat bagi sebagian dari Anda.

Tanpa makeup, Anda boleh jadi merasa tampak pucat dan tidak percaya diri. Sebenarnya, apa saja yang akan terjadi pada kulit wajah jika kita berhenti memakai makeup?

 

 

Manfaat Berhenti Memakai Makeup #1 Kulit Kembali Bernapas

 

Sejatinya, kulit adalah lembaran pori-pori yang bertugas mengantarkan panas tubuh melalui keringat. Sebab itu, penting untuk membiarkan kulit polos tanpa sapuan apa pun sesekali. Penggunaan makeup sehari-hari menyumbat pori-pori kulit, bahkan hingga delapan jam lebih setiap hari! Padahal, makeup mengandung bahan-bahan kimia yang bisa merusak kulit jika dibiarkan terlalu lama.

Biarkan kulit Anda bernapas lega sesekali dengan membersihkannya, lalu membiarkannya begitu saja. Jika Anda punya gangguan kulit ringan seperti jerawat, komedo, atau iritasi, bisa jadi yang dibutuhkan kulit hanyalah beristirahat seperti ini.

 

 

Manfaat Berhenti Memakai Makeup #2 Mata Bebas dari Infeksi dan Iritasi

 

Riasan mata sehari-hari punya peran yang tidak sedikit bagi kesehatan mata. Apalagi, jika Anda punya kebiasaan saling pinjam mascara atau eyeliner dengan rekan atau keluarga terdekat. Kita tidak tahu bagaimana mereka merawat peralatan makeupnya.

Begitupun, risiko ini masih bisa terjadi bahkan walau Anda sudah rutin mencuci dan membersihkan peralatan makeup Anda. Riasan mata sehari-hari bisa memerangkap debu kala dibawa keluar rumah, yang pelan-pelan menumpuk di kelopak mata kita. Belum lagi, ada hari-hari ketika Anda sangat lelah hingga lupa membersihkan riasan mata semalaman. Jangan heran jika Anda sering terserang mata merah dan iritasi.

 

 

Manfaat Berhenti Memakai Makeup #3 Kulit Dapat Beregerenerasi

 

Fakta: kulit Anda sebenarnya bisa memperbaiki diri tanpa bantuan skincare apa pun. Hanya saja, efeknya sedikit lama, sehingga kita menggunakan berbagai produk untuk membantu prosesnya.

Para wanita yang Anda tahu tidak menggunakan banyak produk, tapi memiliki kulit cerah bersinar, mungkin saja punya regenerasi kulit yang bekerja baik. Biasanya, mereka punya pola hidup sehat seperti tidur teratur, menghindarkan diri dari stres, makan banyak protein dan Vitamin K, dan juga menggunakan makeup seminimal mungkin.

Makeup memang mempercantik, tapi biarkanlah kulit beristirahat dan melakukan tugasnya sendiri sesekali. Karena, penggunaan makeup yang terus-terusan cenderung membuat sel kulit mati terus dan terus menumpuk. Akibatnya kulit jadi tidak leluasa beregenerasi. Bekas-bekas jerawat tidak lekas pudar, pori-pori pun membesar.

 

 

Manfaat Berhenti Memakai Makeup #4 Masalah Kulit Kering Membaik

 

Penggunaan makeup terus-terusan bisa membuat kulit pelan-pelan menjadi kering. Karena, kandungan bahan “asing” menumpuk dan menggerus minyak alami kulit, lalu menambah muatan sel kulit mati berukuran mikron yang bersaang hingga ke dalam pori-pori. Lebih-lebih jika Anda kurang telaten saat membersihkan makeup tiap malam.

Akibatnya, lama-lama kulit menjadi kering dan kusam. Masalah kulit lain seperti blackheads dan komedo pun menyusul. Dengan meliburkan diri dari makeup, Anda sama saja memperbaiki kondisi kulit secara alami dengan membiarkannya mereparasi diri.

 

 

Manfaat Berhenti Memakai Makeup #5 Pori-Pori Mengecil

 

Pori-pori besar punya konsekuensi jangka panjang yang menyebalkan. Ini biasa kelihatan ketika Anda mulai berusia paro baya, dengan pori-pori yang terlihat lobang-lobang dan tampak oleh mata bahkan tanpa bantuan kaca pembesar.

Yang seperti ini sangat mungkin menjadi ladang jerawat dan masalah-masalah kulit lain. Nah, berhenti menggunakan makeup sesekali akan membantu mengecilkan pori-pori secara natural. Pori-pori kulit biasa membesar karena terbiasa ditumpuki berbagai partikel asing dari alas bedak, bedak, blush on, dan concealer yang semuanya bersifat berat bagi kulit. Akibatnya, lubang pori-pori terbiasa dibebani, dan menyesuaikan dengan tekstur yang lebih besar lagi kasar.

 

Nah, itulah hal-hal yang terjadi jika Anda berhenti menggunakan makeup.

Sebagai tambahan, langkah berhenti menggunakan makeup, biarpun hanya sesekali, juga baik untuk psikologi diri Anda. Anda akan jadi lebih terbiasa mengenali wajah asli Anda, dan bisa mendeteksi mana sisi terbaik dan terburuk diri Anda untuk dievaluasi. Jadilah pintar dan sediakan waktu untuk terus memperbaiki diri.