Lacureindonesia – Saat berkunjung ke gerai kosmetik, mungkin timbul pertanyaan di benak Anda: lip tint, lip cream, lipstik, apa bedanya?

Sekilas, ketiganya punya fungsi yang sama yaitu mewarnai bibir. Fungsinya berbeda dengan lip balm yang hanya melembapkan, atau lip gloss yang memberikan sentuhan sheer dan glowy dengan warna samar. Akan tetapi, perbedaan kategori ini bukannya tanpa alasan, lho. Tergantung kepribadian dan tipe kulit bibir Anda, memilih antara lip tint, lip cream, dan lipstick bisa sangat memberikan perbedaan. Apa saja? Yuk disimak!

Lip Tint, Lip Cream, Lipstik: Tekstur

Dilihat dari teksturnya, lip tint, lip cream, dan lipstik sudah sangat berbeda.

Lip tint cenderung cair karena terbuat dari bahan yang ringan seperti gel, alkohol, atau air. Sebab itu, lip tint sangat cocok digunakan setelah lip balm. Ini karena bahan lip tint cepat menyerap ke dalam kulit bibir, memberikan efek warna yang natural.

Sementara itu, lip cream dan lipstik punya bahan yang sama-sama thick. Bahan yang populer untuk lip cream dan lipstik adalah lilin atau minyak. Ketika disapukan ke bibir, ada kesan berat saat kita menggerakkan bibir. Satu-satunya yang membedakan lip cream dan lipstick adalah bentuk kemasan dan cara menggunakannya.

Lip cream biasa disimpan dalam tube kecil berkuas, dengan cara pemakaian ditotol atau disapukan. Berbeda dengan lipstik yang berbentuk batangan dan kurang praktis bagi sebagian orang karena mudah patah. Meski begitu, hasilnya yang cantik sangat sepadan untuk meningkatkan penampilan!

 

Lip Tint, Lip Cream, Lipstik: Warna Jadi

Gadis muda atau usia kuliah biasa menyukai lip tint karena hasil jadinya yang menyerupai warna alami bibir. Belum lagi, sapuan sheernya sangat cocok untuk eksperimen membuat riasan bibir ombre yang memang sedang tren.

Lip cream yang tebal dan matte lebih cocok untuk memberikan kesan berani, begitu juga lipstik. Partikel lip cream yang tepat juga bisa menutupi bagian bibir yang menghitam. Lip cream juga terkesan lebih nude daripada lipstik yang cenderung lebih melapisi. Kekurangannya, baik lipstik maupun lip cream gampang terhapus bila kita makan yang berat-berat.

 

Lip Tint, Lip Cream, Lipstick: Harga

Karena bahannya yang ringan, lip tint amat cocok bagi Anda yang ingin tampil cantik dengan budget terbatas. Daya tahannya pun lama, karena lip tint meresap langsung hingga ke bagian dalam bibir. Bahkan, beberapa pemakai kosmetik kurang menyukai lip tint karena warnanya susah dihapus.

Bertolak belakang dengan lip tint, lip cream dan lipstik yang memang berbahan dasar lilin lebih mahal. Tetapi, Anda bisa langsung mendapatkan warna yang bold dan berani dalam satu sapuan, jadi mengapa tidak?

Lip Tint, Lip Cream, Lipstick: Kecocokan

Jadi, mana yang paling cocok bagi Anda? Tergantung! Anda bahkan juga bisa menumpuk-numpuk ketiganya dengan teknik dab dab menggunakan tisu.

Caranya, mula-mula pertegas warna bibir dengan lip tint, lalu tepuk dengan tisu ketika mulai kering. Baru Anda lapisi dengan lip cream. Biarkan kering, lalu tepuk-tepuk dengan tisu beberapa kali sebelum akhirnya mengoleskan lipstik pada langkah terakhir.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan warna yang awet dan pas dengan kemauan Anda. Akan tetapi jika Anda hanya menginginkan satu kali pemakaian untuk sehari-hari, Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi bibir.

Pemilik bibir yang menghitam disarankan menggunakan lip cream karena coveragenya sempurna. Sementara itu, pemilik bibir yang mudah pecah-pecah sebaiknya menggunakan lip tint agar tidak semakin kering.

Itu dia beda paling dasar antara lip tint, lip cream, dan lipstik. Semoga tidak salah pilih lagi, ya!