);

Kerap diabaikan, gigi kuning adalah masalah yang banyak menghinggapi wanita Indonesia. Padahal, gigi yang kuning bisa membuat senyum Anda jadi kurang memikat. Timbul pula asumsi bahwa Anda cukup jorok dan kurang menjaga asupan makanan. Di samping itu, gigi kuning juga bisa menjadi pintu masuk bagi penyakit gigi lainnya seperti karies atau gigi berlubang. Adakah cara memutihkannya kembali?

Jawabannya: ada. Dan yang tak kalah penting, Anda bisa menggunakan bahan alami dari kehidupan sehari-hari yang dijamin tak menimbulkan efek samping.

 

Penyebab Gigi Kuning

Meski bisa dikembalikan ke warna semula, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab utama gigi kuning. Sejauh ini, yang ditengarai paling bisa mengubah warna gigi adalah gaya hidup.

Anda yang rutin meminum kopi dan merokok terutama paling patut khawatir. Sebab, kedua aktivitas tersebut sama saja menggosokkan zat asam yang asing dan menempel di gigi. Tapi untuk mengatasinya, Anda tak harus berhenti sama sekali. Cukup kurang frekuensinya atau biasakan menggosok gigi, atau setidaknya

Cuka Sari Apel

 

Cuka sari apel akan berguna menjadi pembersih gigi karena didukung dengan sifat asamnya. Cuka apel memiliki sifat antimikroba, dan ampuh untuk pemutih gigi.

 

Bahan:

 

1 cuka sari apel

1 gelas air

 

Metode penggunaan:

 

Tambahkan cuka sari apel ke dalam air, dan aduk hingga tercampur. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk kumur selama beberapa menit. Bilas mulut Anda dengan air.

 

Gunakan sebanyak seminggu sekali untuk hasil yang maksimal. (Campuran cuka sari apel tidak untuk ditelan! Jangan gunakan lebih dari satu kali dalam seminggu)

 

2 dari 8 halaman

Minyak Kelapa

 

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri sama seperti cuka sari apel. Sehingga dapat menjaga kesehatan mulut Anda. Minyak kelapa juga dapat mengatasi plak yang menempel, itu artinya minyak kelapa dapat membantu memutihkan gigi.

 

Bahan:

 

1 sendok makan minyak kelapa

 

Metode penggunaan:

 

Kumurlah secara perlahan minyak kelapa selama 10-15 menit. Pastikan Anda melakukannya dengan merat dan jangan sampai menelannya. Jangan buang bekas kumur Anda ke wastafel, karena memungkinkan untuk menyumbat wastafel. Bilas mulut sepenuhnya dengan air, dan sikat gigi Anda seperti biasa.

 

3 dari 8 halaman

Kulit Pisang

 

Kulit pisang dapat membantu menjauhkan gigi dari mikroba sehingga akan tetap menjaga mulut Anda tetap sehat. Dengan kandungan magnesium dan kalium maka kulit pisang akan membantu memutihkan gigi.

 

Bahan:

 

Kulit pisang

 

Metode penggunaan:

 

Gosok bagian dalam kulit pisang ke seluruh gigi Anda selama beberapa menit. Setelah itu biarkan selama 10 menit. Dan sikat gigi seperti bisa, lalu bilas mulut Anda dengan air. Gunakan cara ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

 

4 dari 8 halaman

Kulit Jeruk

 

Kulit jeruk mengandung kalsium dan vitamin C. Ini akan membantu menjaga bakteri jahat dan mampu membuat gigi Anda putih. Jadi Anda bisa mencoba kulit jeruk untuk memutihkan gigi secara alami.

 

Bahan:

 

Kulit Jeruk

 

Metode penggunaan:

 

Gosokkan bagian dalam kulit jeruk (bagian putih) ke seluruh gigi. Diamkan selama 3-5 menit. Sikat gigi Anda, dan pastikan bahwa sudah membersihkannya dengan seksama. Gunakanlah cara ini beberapa minggu untuk hasil yang memuaskan.

 

5 dari 8 halaman

Garam

 

Garam memiliki sifat antimikroba, selain itu garam ini akan memiliki tindakan abrasif lembut dan dapat membantu membersihkan serta memutihkan gigi Anda.

 

Bahan:

 

1 sendok makan garam

1 gelas air

 

Metode penggunaan:

 

Sebelumnya, rebus air terlebih dahulu, setelah itu diamkan air hingga berada pada suhu kamar. Tambahkan garam ke dalam air. Rendam sikat gigi Anda dalam campuran air garam sekitar satu menit. Sikat gigi Anda menggunakan sikat yang sudah direndam. Kemudian kumur mulut Anda dengan air dingin. Lakukan setiap hari demi hasil yang diinginkan.

 

6 dari 8 halaman

Lemon

 

Lemon memiliki sifat yang dapat memutihkan, sehingga lemon bisa membantu memutihkan gigi dan membuatnya terlihat lebih cerah.

 

Bahan:

 

1 sendok teh perasan jeruk lemon

I sendok teh air

 

Metode penggunaan:

 

Campurkan kedua bahan bersama-sama, kemudian ambil sikat gigi Anda, dan oles pada campuran bahan, dan sikat gigi Anda. Gunakan sebanyak seminggu satu kali, dan jangan lakukan lebih dari satu kali dalam satu minggu.

 

7 dari 8 halaman

Stroberi

 

Sama seperti kulit jeruk, buah stroberi juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencerahkan dan memutihkan gigi Anda. Karena mengandung antioksidan, buah stroberi ini akan menjaga kesehatan mulut dari bakteri-bakteri berbahaya.

 

Bahan:

 

3-4 stroberi matang

soda kue

 

Metode penggunaan:

 

Ambil stroberi dan masukkan ke dalam mangkuk, kemudian haluskan secara merata. Tambahkan soda kue ke dalam mangkuk dan aduk rata. Setelah itu diamkan selama 3-5 menit. Basuh mulut Anda sepenuhnya dengan air bersih, dan sikat gigi Anda dengan campuran stroberi tadi secara menyeluruh. Dan ketika sudah, gosok ulang gigi Anda tanpa campuran bahan tadi, bilas dengan bersih. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa minggu.

 

Kunyit

 

Kunyit atau minyak kunyit mengandung vitamin C, selenium, dan magnesium yang membantu mencerahkan gigi dan dapat menjaga kesehatan mulut. Berbeda dari yang lain, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan dan mencegah masalah pada gusi serta membantu masalah plak.

 

Bahan:

 

1 sendok teh minyak kunyit

sendok teh bubuk kunyit

Sedikit garam

 

Metode penggunaan:

 

Campurkan semua bahan dalam mangkuk. Kemudian gosok gigi Anda dengan menggunakan campuran semua bahan ini selama beberapa menit. Bilas mulut Anda dengan air. Lakukan cara ini dua kali seminggu.

 

8 dari 8 halaman

Wortel

 

Wortel mengandung vitamin A yang berguna agar enamel gigi Anda sehat.

 

Bahan:

 

cangkir perasan lemon segar

Wortel (cincang)

 

Metode penggunaan:

 

Kupas wortel terlebih dahulu, dan potong wortel (cincang). Kemudian masukkan wortel cincang ke dalam jus lemon. Gosokkan campuran wortel dan jus lemon ke gigi Anda menggunakan sikat gigi. Diamkan selama 3-5 menit. Bilas seluruh mulut menggunakan air dingin.

 

Jahe

 

Siapa sangka bahwa jahe ternyata mengandung vitamin C di dalamnya, sehingga dapat membantu mencerahkan dan memutihkan gigi Anda, tentunya juga akan menjaga kesehatan mulut Anda.

 

Bahan:

 

Jahe

 

Metode penggunaan:

 

Haluskan jahe menggunakan blender hingga bentuknya hamper seperti pasta gigi. Lalu gosokkan pasta pada gigi Anda dengan perlahan. Diamkan selama dua menit. Bilas mulut Anda dengan air dingin. [bil]