Lacureindonesia – Produk satu ini bisa menjadi solusi instan bagi Anda yang menginginkan tampilan rambut indah seketika. Akan tetapi, jika salah menggunakan dry shampoo bisa-bisa malah merusak rambut.

Banyak keluhan mengenai kerugian dry shampoo bermula karena pemakainya tidak tahu cara yang benar. Menggunakan dry shampoo tidak bisa sembarangan, karena jika asal-asalan, bahaya seperti ketombe, rambut kering, rambut patah-patah, bahkan perubahan warna bisa menimpa mahkota Anda yang satu ini.

Agar tak salah langkah, kali ini kami sajikan do’s and don’t’s saat menggunakan dry shampoo. Apa saja? Yuk disimak!

Do’s Saat Menggunakan Dry Shampoo #1 Gunakan dalam Kondisi Rambut Kering

Dry shampoo bekerja paling maksimal saat digunakan pada rambut yang kering. Karena itu, hindari menggunakan dry shampoo pada rambut yang masih basah pasca keramas. Karena dry shampoo bukan kondisioner.

Sibak-sibak rambut Anda jadi beberapa bagian, lalu semprotkan dry shampoo. Butiran bubuk di spray dry shampoo akan bekerja menyerang endapan minyak dan kotoran yang membuat rambut Anda kucel dan lepek. Rambut jadi cepat bervolume, warnanya pun berkilau menonjol bahkan tanpa keramas.

Do’s Saat Menggunakan Dry Shampoo: #2 Semprotkan dari Jarak Jauh

Jarak 15-20 sentimeter amat ideal untuk menyemprotkan dry shampoo. Lebih pendek dari itu, Anda merisikokan serpihan putihnya yang jadi mengendap di kepala dan membentuk ketombe. Penyemprotan dari jarak dekat juga membuat rambut jadi menggumpal dan tidak sedap dilihat.

Menggunakan dry shampoo paling ideal sedikit-sedikit untuk mengetahui kadar yang dibutuhkan bagi rambut kita. Jadi, hati-hati ya!

Do’s Saat Menggunakan Dry Shampoo #3 Selektiflah dalam Membeli Dry Shampoo

Begitu banyak merk dry shampoo di pasaran yang khusus diformulasikan untuk rambut Anda. Ada yang bisa menambah volume, melindungi warna rambut yang sudah diwarnai, bahkan menghalau ketombe.

Nah, formulasi khusus ini bisa membuat produk dry shampoo yang Anda butuhkan bisa jadi berharga lebih tinggi daripada produk generik. Namun, jangan berpikir dua kali. Lebih baik meluangkan lebihan uang untuk produk yang benar-benar memahami diri Anda daripada salah membeli, bukan?

Dont’s Saat Menggunakan Dry Shampoo #1 Menyemprotkan Dry Shampoo Banyak-banyak

Mungkin Anda berpikir menggunakan dry shampoo banyak-banyak akan membuat rambut Anda semakin bervolume dan mengilat. Sayangnya, ini salah kaprah. Terlalu banyak dry shampoo justru membuat rambut Anda mudah menggumpal karena bubuk pengeringnya jadi menyerang batang rambut Anda sebab tidak ada lagi minyak di kulit kepala yang butuh dikeringkan.

Dont’s Saat Menggunakan Dry Shampoo #2 Tidak Mengocok Spray Sebelum Memakai

Sejatinya, dry shampoo adalah cairan yang memuat bubuk ajaib yang bisa mengeringkan dan mengembalikan volume rambut. Dengan memakai dry shampoo tanpa mengocoknya terlebih dahulu, Anda sama saja menggunakan cairan yang mengandung hanya sedikit sekali cairan partikel shampoo. Jadi, biasakan mengocoknya terlebih dahulu, ya!

Dont’s Saat Menggunakan Dry Shampoo #3 Memegang Rambut Pasca Pemakaian

Sudah susah-susah menata rambut, jangan malah memegangnya. Di samping membuat tatanan berantakan, tangan juga berperan mengirim lebihan minyak dan bakteri pada permukaan kulit kepala, membuat rambut Anda jadi kembali kotor. Ketika bersatu dengan dry shampoo, residunya bisa menjadi kotoran rambut seperti ketombe—atau bahkan bahaya iritasi kulit kepala. Ngeri juga, ya?

Dry shampoo memang bisa menyelamatkan penampilan Anda, tapi bijak-bijaklah memakainya. Jadi, jangan salah pakai lagi.