);

Lacureindonesia —¬†Pegagan yang lebih dikenal dengan nama centella asiatica di seluruh dunia ini belakangan banyak digunakan untuk produk kecantikan. Konon, kandungannya yang ajaib bisa menyembuhkan segala masalah kulit. Apa saja yang terkandung dalam holy grail berupa herba satu ini dan apa saja yang bisa disembuhkan oleh centella asiatica? Simak paparan berikut.

 

Menangani Masalah Jerawat

Centella Asiatica dikenal sebagai salah satu kandungan alami yang efektif untuk menangangi jerawat berkat senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkainya yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Jenis kandungan yang kerap ditemukan pada produk skin care ini juga memiliki kandungan triterpenoid yang efektif dalam mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat. Jika digunakan secara rutin, produk skin care berkandungan Centella Asiatica tak hanya dapat mengurangi jerawat, tapi juga memudarkan noda bekas jerawat yang mengganggu.

 

Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan

Menurunnya jaringan kolagen menjadi salah satu tanda penuaan yang perlu Anda waspadai. Sebenarnya, faktor penyebab timbulnya tanda-tanda penuaan di usia muda sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja, terlalu sering terpapar polusi, jarang merawat wajah, hingga menjalani gaya hidup yang kurang sehat; contohnya, merokok.
Nah, Centella Asiatica diketahui memiliki asiaticoside dan madecassoside yang mampu meningkatkan kadar kolagen di kulit guna mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan juga kekenduran. Menariknya lagi, Centella Asiatica juga mampu mengembalikan kesegaran kulit yang telah hilang.

 

Menangani Permasalahan Kulit

Selain mampu menangangi jerawat dan baik untuk mengurangu tanda-tanda penuaan, Centella Asiatica juga mengandung komponen triterpenoid yang secara efektif dapat memperkuat jaringan sekaligus meningkatkan kadar anti-oksidan pada kulit. Kandungan asiaticoside dan madecassoside di dalamnya juga telah teruji klinis mampu meningkatkan sintesa kolagen yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang terluka sekaligus memudarkan bekasnya.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa komponen senyawa antibakteri pada jenis tumbuhan ini mampu menangani bakteri penyebab lepra serta mengurangi peradangan dan tekanan darah pada urat, sehingga dapat diandalkan untuk mengatasi pembuluh darah yang pecah.