Lacureindonesia – Kunci agar bulu mata lentik dan tebal bisa diperoleh dengan berbagai cara. Tetapi jika Anda membutuhkannya untuk saat-saat darurat, bulu mata palsu bisa dipakai.

Sayangnya, masih banyak yang belum paham cara menggunakan bulu mata palsu agar terkesan natural dan tidak menggumpal. Mau tahu trik yang benar? Simak paparan berikut.

1. Siapkan Riasan Mata yang Sesuai

Persiapkan mata Anda terlebih dahulu seperti menggunakan base eyeshadow, atau eyeliner yang dapat berfungsi menutupi garis bulu mata palsu Anda. Jangan lupa, sebelum menerapkan riasan, pastikan bagian kulit mata Anda sudah cukup moist. 

Baurkan eye serum dan krim secukupnya, kemudian pilih warna yang sesuai dengan tone kulit Anda. Langkah ini amat penting untuk menjaga agar bulu mata palsu bisa menempel dengan baik. Ingatlah pepatah devil is in the details.

2. Pilihlah Bentuk Bulu Mata Palsu yang Cocok dengan Mata

Setiap bentuk bulu mata palsu didesain untuk memberikan efek yang berbeda untuk mata Anda. Anda bisa memilih bulu mata palsu dengan individual lashes, lashes strips, atau half strips. Ingin efek yang lebih dramatis? Pilih lashes strips atau bulu mata palsu yang panjangnya full.

Ingin membuat bulu mata terlihat namun tidak terlalu berlebihan? Gunakan bulu mata palsu half strips hanya di bagian ujung luar mata.  Individual lashes juga bisa jadi pilihan untuk menambah ekstra drama, bisa dipasanga di bulu mata bagian atas maupun bawah. Tempelkan bulu mata, jepit dan sapukan maskara agar bulu mata asli dapat terlihat lebih menyatu secara alami dengan bulu mata palsu Anda.

3. Tidak Ada Salahnya Menggunting Bulu Mata

Tidak semua ukuran bulu mata yang Anda beli sesuai dengan bentuk mata Anda. Coba ukur dan sesuaikan dengan panjang mata terlebih dahulu dengan cara menempelkan bulu mata sebelum diberi lem, jika kurang sesuai, gunting sampai mendapatkan panjang yang sesuai.

Meski begitu, butuh ketelitian berlebih untuk menghasilkan panjang yang diinginkan. Jadi, berhati-hatilah!

4. Jangan Lupa Beri Lem dan Tempelkan

Apabila bulu mata palsu dirasa sudah sesuai dengan bentuk mata Anda, selanjutnya Anda dapat merekatkan bulu mata palsu dengan menggunakan lem khusus untuk bulu mata. Pulaskan lem bulu mata secukupnya pada bagian benang bulu palsu, lalu biarkan sejenak paling tidak 15 detik. Tips ini berfungsi agar lem menjadi setengah ‘basah’ sehingga lebih mudah menempel di mata Anda.

5. Buat Bulu Mata Anda Semakin Sempurna

Sudah selesai mengaplikasikan bulu mata palsu? Jangan lupa, jepit kembali dengan menggunakan penjepit bulu mata agar lebih menyatu dengan bulu mata asli.

Jangan lupa untuk membersihkan dan menaruh kembali pada tempatnya agar kebersihannya tetap terjaga dan bisa digunakan ulang sampai beberapa kali. Langkah ini sering dilupakan karena kita cenderung berpikir bekas peralatan makeup yang sama tidak akan membawa masalah di kemudian hari. No! Banyak bakteri yang menempel di peralatan makeup dan membuat iritasi taraf ringan maupun berat.

Nah, itu tadi adalah trik mudah untuk mendapatkan bulu mata impian yang dijamin bisa mendongkrak penampilan Anda. Tetapi ingat, yang tidak kalah penting adalah menyeimbangkannya dengan riasan yang tepat, dan baju yang tak kalah memesona. Selamat mencoba!