);

Lacureindonesia — Kadang-kadang, jawaban dari masalah Anda bisa sangat dekat. Seperti misalnya, usaha untuk punya kulit glowing sehari-hari. Tidak banyak yang tahu bahwa konsumsi atau pemakaian rempah-rempah secara rutin bisa membantu mendapatkan kulit impian. Penasaran apa saja rempah yang wajib punya dan bisa membantu Anda? Simak di sini.

Rempah Wajib #1: Biji Lada atau Merica

Rempah satu ini sangat mujarab untuk resep mengatasi blackheads atau komedo yang membandel. Utamanya yang sering Anda temukan di area hidung dan dahi. Seringkali, masalah kulit satu ini membuat tampilan makeup jadi kurang merata, dan bisa berkembang jadi jerawat yang serius.
Nah, sifat merica yang hangat dan punya butiran lumayan kasar cocok untuk memberantasnya.

Caranya, campurkan satu sendok makan merica yang sudah digiling dengan satu sendok teh yogurt. Kemudian balurkan ke bagian wajah yang berkomedo. Cuci bersih wajah setelah tujuh menit. Agar semakin mujarab, tumbuk sendiri merica Anda alih-alih menggunakan merica bubuk yang ada di pasaran.

Rempah Wajib #2: Jahe

Skin tonic alami ini sudah sering jadi andalan wanita Asia untuk mengatasi kelebihan minyak dan iritasi seperti jerawat dan bekasnya. Rimpang jahe punya sifat hangat, kandungan enzimnya juga cepat diserap kulit.

Mengoleskan irisan jahe segar ke kulit bersih selama 20 menit (atau sampai benar-benar meresap) bisa membuat kulit glowing. Jangan lupa mencucinya bersih dan memakai pelembap serta tabir surya agar kulit semakin terproteksi.

Rempah Wajib #3: Kunyit

Kurkumin yang banyak dipercaya generasi nenek moyang untuk mengobati kanker dan keriput ini juga bisa membuat kulit wajah Anda glowing. Campurkanlah dengan tepung beras dan madu hingga membentuk pasta, lalu gunakan sebagai masker. Psst, yang ini juga rahasia kecantikan artis India terkenal Priyanka Chopra, lho!

 

Rempah Wajib #4: Paprika

Vitamin A dan C termasuk yang paling tinggi di antara buah dan sayuran lain. Makan dua sendok paprika tumbuk saja sudah cukup untuk menjadi asupan vitamin A dan C bagi tubuh kita. Sebagaimana Anda tahu, vitamin A dan C punya peranan penting untuk menjaga elastisitas dan warna kulit.

Untuk tips penggunaan paprika, sebaiknya jangan langsung Anda oleskan di kulit karena terlalu panas. Cukup konsumsi paprika dalam makanan harian Anda untuk mendetoksifikasi racun dan lemak jenuh dalam tubuh.

 

Rempah Wajib #5: Pala

Pala mengandung bahan anti inflamatori yang dapat mencegah peradangan pada kulit. Karena itulah rempah yang satu ini dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kadas dan dermatitis.

Pala ternyata juga mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat, lho. Campurkan bubuk pala dengan madu lalu oleskan pada bekas jerawat. Jika dilakukan dengan rutin bekas jerawat akan memudar.