Lacureindonesia.com – Suka minum kopi pagi? Ada baiknya, Anda tidak buru-buru membuang ampasnya ke tong sampah.  Di luar pengetahuan banyak orang, ada manfaat-manfaat tak terduga ampas kopi yang akan membuat masalah kulit Anda berkurang seketika.

Ini karena kopi mengandung enzim flavanoid. Kafein dan katekinnya pun tinggi, yang juga mengandung zat antioksidan yang cepat menangkal radikal bebas dari sinar matahari super terik. Karena itulah, kafein sering digunakan untuk bahan serum kulit karena bisa menghambat pertumbuhan DNA.

Mau tahu apa saja manfaat tak terduga ampas kopi yang lain? Simak paparan berikut.

Manfaat Ampas Kopi #1: Scrub Alami untuk Wajah Cerah Merona

Punya masalah kulit kusam? Tandanya, sudah terlalu banyak sel kulit mati menumpuk di kulit Anda. Untuk membersihkannya, Anda tidak bisa hanya menggunakan sabun muka biasa.

Metode paling ampuh untuk menggerus sel kulit mati adalah dengan eksfoliasi berbahan kimia. Sayangnya, tidak semua jenis kulit cocok dengan cara ini. Bagi Anda yang punya kulit sensitive atau berbekas luka, ada baiknya mencoba scrub alami dari butiran kopi yang halus. Campurkan dengan sedikit yohurt atau minyak zaitun, lalu oleskan sambil dipijat-pijat di wajah. Anda bisa melakukannya maksimal 3 kali seminggu untuk hasil yang memuaskan.

Manfaat Ampas Kopi #2: Masker Kaya Nutrisi yang Menghaluskan Kulit

Anda bisa menambahkan nutrisi pada wajah Anda agar cerah bercahaya dengan bantuan kopi. Ini untuk menggantikan cairan ampoule yang mungkin berharga terlalu mahal untuk kocek Anda.  Caranya mudah: campurkan bubuk kopi dengan dua sendok makan madu murni, lalu balurkan ke wajah selama 20 menit. Selama menunggu, Anda bisa menggunakan waktu Anda untuk tiduran atau membaca buku.

Hasilnya langung terasa dalam sekali pemakaian, lho! Kulit jadi kenyal, cerah dan bersinar, serta bebas dari bruntusan yang mengganggu.

Manfaat Ampas Kopi #3: Menggerus Selulit

Punya masalah selulit yang menyebalkan? Ampas kopi jawabannya. Sederhananya, selulit terjadi karena penumpukan kulit di lipatan-lipatan tubuh akibat penambahan berat badan secara mendadak, penuaan, dan sebagainya. Garis-garis belang ini kurang sedap dipandang, dan akibatnya membuat sebagian wanita merasa kurang percaya diri.

Untuk menanggulangi selulit, Anda hanya perlu mencampurkan sedkit kopi dengan minyak zaitun, lalu balurkan dan pijat-pijat pelan di area yang penuh selulit. Rasakan efek rileksnya ketika butiran kopi bekerja melancarkan sirkulasi darah di bawah kulit selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan tiga kali seminggu untuk efek yang maksimal.

Manfaat Ampas Kopi #4: Perawatan Bekas Jerawat tanpa Efek Samping

Yang menyebalkan dari jerawat bukan hanya perih, tetapi juga bekasnya yang teramat membandel. Apalagi jika Anda tidak sengaja menggaruknya saat masih basah. Bekasnya yang memerah atau bahkan hitam sangat mengganggu penampilan dan bisa membuat Anda tidak percaya diri.

Padahal, cara menghilangkannya tidaklah sulit. Dengan bantuan serbuk kopi, Anda bisa mengembalikan kulit Anda seperti semula. Cukup campurkan sedikit bubuk kopi dengan yoghurt dan bubuk kunyit, lalu bubuhkan di area yang penuh bekas jerawat. Diamkan 20 menit lalu bilas. Lakukan setiap hari sebelum memakai perawatan skincare malam Anda.

Jika pandai, Anda bisa menemukan tips cantik dari benda-benda di sekitar Anda, ya! Seperti kegunaan ampas kopi yang rupanya sangat kaya. Nah, sudah tidak khawatir dengan masalah kulit lagi, kan?